Halaman

Rabu, 13 November 2013

THE POWER OF NETWORKING

Semangat Pagi

Apakabar sahabat semua? sudah pasti baik baik saja

Manusia diciptakan oleh Tuhan YME sebagai mahluk sosial, yaitu mahluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Itu artinya manusia tidak bisa hidup menyendiri tanpa manusia yang lainya.Bahkan manusia pertama kali yang diciptakan di dunia ini secara berpasangan yaitu Adam dan Hawa.

Suatu hari, ada salah satu teman saya bertanya via BBM seperti ini, Rik gimana cara kamu memperbanyak teman? itu kiriman BBM dari teman saya tersebut. setelah saya berikan cara saya, teman saya bilang oia, kamu bener, panteesan stock teman saya udah habis. xixixix. Dari kejadian itulah saya mempunyai ide untuk membuat postingan dengan tema "Bagaimana Cara Saya Memperbanyak Teman dan Apa Keuntunganya Banyak Teman?"


 Pertanyaan yang mungkin tersirat dipikiran sahabat seperti ini : emang temen lo sebanyak apa sie? xixixi itu saya hanya menebak nebak saja loh. kalau benar itu datangnya dari Tuhan kalau salah itu datangnya dari dorce gamalama,.. eits.. hehehehe sorry itu dari saya.

Ada kalimat yang sering kita dengar " cari teman 1 lebih sulit dari pada cari 1000 musuh " . Kalau saya terbalik, lebih sulit cari musuh satu dibanding cari 1000 teman. ko bisa? bisa  aja tuh.. buktinya saya bisa. Bahkan jumlah contact di BBM saya hampir tembus 2000 orang. makanya bb saya sering hang hahahaha 

saya akan share cara saya mengenai hal tersebut, apa yang saya lakukan untuk itu? berikut beberapa tips nya

1. menurut saya, hal pertama yang harus kita punyai untuk bisa menambah banyak teman yaitu harus mempunyai sikap ramah terhadap semua orang ( kenal ataupun tidak ). berikan senyuman terbaik untuk orang yang ada disekeliling kita. pengalaman saya untuk point ini yaitu ketika saya masih bergabung di salah satu restoran elite dibalikpapan sebagai marketing tentunya saya harus berurusan dengan banyak pelanggan. Setiap complainan yang masuk ke resto kami, saya selalu mendatangi customer nya untuk mendengar keluhanya lalu saya perbaiki apa yang kurang dari resto kami. Namun hubungan saya dengan beberapa customer tidak terhenti disana saja, bahkan ada beberapa customer yang minta no hp dan pin bbm saya. darisanalah banyak project yang saya lakukan bersama mereka. ketika saya bertanya alasan merekan melibatkan saya untuk project nya yaitu : mereka senang dengan caraku menjelaskan akan ketidaknyamanan yang terjadi ketika diresto, saya selalu tersenyum dengan semua feedback dari mereka. dan hubungan kami sampai sekarang masih terjalin baik.

Note : saya selalu menyakan apa yang mereka sukai dan tidak sukai dari saya

2. Point kedua untuk mendapatkan teman yang banyak yaitu, ketahuilah banyak hal. terutama hal hal yang menjadi hot issued saat itu. Looh apa hubunganya? tentu ada dunk.. Yuk kita simak pengalaman saya juga. agent tiket pesawat lagi menjamur diseluruh kota. bahkan peswat sekarang bukan saja transportasi untuk kalangan atas, melainkan semua orang bisa menikmati transportasi udara tersebut, karena harganya yang murah. suatu ketika saya membaca salah satu twit dari pengguna twitter. kurang lebih isinya seperti in "ada yang tau cara jadi agent tiket pesawat" info plis ... nah isi twit nya seperti itu, dan saya tahu apa apa saja yang harus dipersiapkan untuk agent tiket tsb. sayapun menjawab tahu. dan saya kasih pin bbm saya. akhrnya dia menghubungi saya via bbm. sampai akhirnya agent tiket pesawatpun buka. sekarang hampir jalan sekitar 2 tahun. dan saya selalu ditawarin tiket penerbangan :) gratis . lantas dari mana sumber informasi itu saya dapat. banyak sumber, mulai dari teman yang mempunyai bisnis yang sama, sampai sms yang masuk dari agent agent travel yang ngajak kerjasama. dan dari awal perkenalan sudah banyak lagi kerja sama antara saya dan teman saya tersebut.

Note : pengetahuan / wawasan yang luas akan banyak membantu orang lain mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tawarkan bantuan jika kita bisa membantunya. aktiflah dalam hal kebaikan :) . Bijak sekali sayah ( hahahaha )

3. Ketiga dan mungkin cara yang paling cepat untuk menambah teman yaitu dengan gabung komunitas yang ada ( komunitas yang positif tentunya ). saya list beberapa komunitas yang saya ikutin
> Young On Top ( Komunitas yang dididirkan oleh inspirator muda indonesia, billy boen) Sahabat bisa gabung di twitter @youngontop yang saya dapatkan disini, banyak sekali inforarmasi2 inspiratif dari admin, founder dan followernya. dan dari sini juga saya ikutan beberapa kegiatan dan lomba lomba yangsangat berkelas dan berkualitas, tentunya saya saling mengenal satu sama lain dari beberapa follower di group tersebut
>  Inspirasi Muda kaltim. Suatu komunitas yang diketuai oleh anak muda berprestasi asal balikpapan ini merupakan komunitas yang aktif melakukan kegiatan kegiatan positif. seperti diskusi, bedah buku, seminar dan baksos. ketika saya bergabung dengan IMKaltim waktu itu ketika ada event sharing dengan pembicara Pricillia Mona Somba yaitu mantan putrri pariwisata kaltim tahun 2011 dan marketing manager hotel bintang 4 swissbell balikpapan. dari sanalah saya banyak mengenal orang - orang baru. dari perkenalan dengan ketua IMKaltim. saya pernah didaulat untuk menjadi HOST yang dipartnerkan dengan Mona dala event bergengsi Green Generation Award yang dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah kota balikpapan. setelah itu tawaran jadi HOST berdatangan. xixix .Jika Sahabat ingin bergabung dengan komunitas ini silahkan add twitternya @IMKaltim.
> Entrepreneur Balikpapan, Tangan Diatas Balikpapan, Balikpapan Bersatu dan masih banyak lagi :)

Note : Ikut komunitas bukan untuk gaya gayaan, tapi ambil manfaatnya untuk tujuan yang positif

4. Selain ketiga point diatas, mengikuti acara seminar juga bisa jadi cara yang cepat untuk menabah jumlah teman kita. Jadilah peserta yang aktif. mulailah kita yang mendekatkan diri dengan peserta seminar yang lain. mulailah dengan obrolan santai. jangan terlalu lebay juga alias SKSD. saya pernah mengikuti salah satu seminar dari motivator wanita no 1 di ASIA yang diadakkan di Grand Senyiur hotel Balikpapan, Saya selalu datang setengah jam sebelum acara dimulai. dengan tujuan agar bisa mengenal tamu yang lain ( oia siapkan selalu kartu nama ya ). Disana saya banyak mengenal orang orang baru yang sampai sekarang terjalin hingga kerjasama dalam berbagai projek. Dari sana pula saya kenalan dengan owner dari EO yang ngadain event tersebut. dari perkenalan saya dengan owner EO tadi membuahkan kerjasama untuk project event event dia berikutnya. saya diminta jadi HOST untuk seminar BONG CHANDRA, HOST untuk Family Day PT. Total dan masih ada beberapa acara lainya. 

Gladi resik H-1 Famday PT. Total
@Green Carpet FamDay PT. total
NB : Ketika saya kenalan dan ngobrol santai, saya selalu mempromosikan talenta yg ada di diri saya. minimal orang tau sedikit tentang apa yang bisa saya lakukan. hehehehe

Nah, itu beberapa point yang saya lakukan untuk menambah jumlah teman. menurut saya cari teman itu lebih gampang dari pada cari musuh.

Teman, yakinlah mempunyai teman yang banyak itu akan berimbas pada hal lain positif lainya . pilih teman yang beraura positif ya. bukan berarti pilih pilih teman.

Saya merasakan dengan banyaknya relasi diberbagai lini mulai dari pelajar, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, pengusaha dan lain lainya  memudahkan saya dalam melakukan sesuatu. atau birokrasi menjadi lebih mudah.

Bahkan Ketika Saya merayakan ultah saya yang ke 27 di salah satu resto Elite di Balikpapan, lebih dari 150 orang teman saya datang alhasil bill pun membengkak. padahal saya belum genap satu tahun tinggal di balikpapan. dan itu dari semua kalangan.

Begitu juga ketika saya buka cafe sendiri, cafe yang sangar sederhana namun cafe tersebut selalu rame. karena saya selalu mengajak teman teman saya tersebut untuk datang ke cafe saya tersebut.

Bahkan Pada Bulan September - Oktober 2013 saya berhasil memberikan pekerjaan untuk 72 orang pencari kerja. itu karena selain pencari kerja itu memang layak lolos, saya mengenal banyak pengusaha di Balikpapan sehingga saya dapat memberikan informasi mengenai LOKER tersebut.

NB : Maintain pertemanan kita dengan orang orang tersebut.  Berikanlah manfaat kehadiran kita kepada mereka. Dan Jangan pernah sakiti sahabatmu, karena sahabat adalah cara Tuhan menunjukkan kalau Dia tak ingin kamu sendirian jalani hidup




Maaf saya menampilkan beberapa foto disini tanpa seijin dari teman teman saya. Tidak ada tujuan lain selain mebuktikan bahwa memberikan manfaaat itu sangat lah mudah. tidak harus materi dan materi. banyak yang bisa kita lakukan untuk memberikan pengaruh positif kepada orang yang ada disekitar kita. Sekali lagi saya tidak ada tujuan lain, apalagi untuk menyombongkan diri. Astagfirullah. Maffkan Hamba ya Allah :)

Saya yakin sekali sahabat disini mepunyai cara lain yang lebih baik dari yang saya lakukan ini. di share ya

Mudah mudahan postingan kali ini bermanfaat buat sahabat semua

Salam

Riki SOn
(Indonesian's Agent of Change)




1 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus