Halaman

Senin, 04 November 2013

KEAJAIBAN CINTA DAN SEDEKAH

Semangat Pagi

Bagaimana kabar Sahabat saat ini? Saya yakin sangat baik

Hari ini tepat pada hari minggu malam 3 November 2013 pukul 21.30 WITA saya mulai membuat postingan ini.

Tema pada postingan saya kali ini adalah dari permintaan salah satu pembaca setia dari blog saya sekaligus teman saya sewaktu SMA yaitu mas Ingga Tri Prasetya. Dia meminta saya untuk membuat postingan mengenai Sedekah. akhirnya saya buat tema Keajaiban Cinta dan Sedekah.


Disini, saya akan coba sharing mengenai pengalaman saya tentang 2 hal yaitu Cinta dan Sedekah.
Belakangan ini Cinta sering diartikan pada suatu hubungan lawan jenis. Padahal secara global Cinta adalah perasaan menyenangi dan menyayangi terhadap sesuatu ( orang, barang atau apapun itu ). Sedangkan sedekah menurut versi saya yaitu membagikan perasaaan Cinta kepada seseorang atau lembaga. 

Saya pribadi mengartikan sedakah bukan hanya memberikan suatu uang / materi terhadap orang lain. tapi dalam arti yang lebih luas lagi. bahwa sedekah itu memberikan suatu manfaat atas dasar perasaan cinta terhadap yang diberikan sedekah. Maka dari itu sedekah bisa kita lakukan jika ada perasaan cinta sehingga kita ikhlas melakukanya

Yuk, kita mulai dengan cerita pengalaman saya yang pertama

1. Waktu itu sekitar pukul 18.30 tahun 2010 ketika saya masih bekerja di PT.PAMAPERSADA NUSANTARA site Bontang, ada acara ulang tahun radio perusahaan tersebut. Lokasi perayaan tepat 50 meter dari mess staff yang saya tempatin. ketika adzan magrib berkumandang acara dihentikan sejenak dan beberapa karyawan yang berkumpul disana hendak mencari tempat shalat magrib. dikarenakan kebanyakan yang hadir itu adalah operator dan mekanik dan mess mereka cukup jauh dari venue. akhirnya beberapa dari mereka berkumpul tepat dibawah kamar saya. mungkin mereka sungkan mau ikut shalat magrib dikamar saya. tanpa mereka minta, saya menawarkan diri teman-teman tersebut untuk shalat dikamar saya sekitar 7 orang, dan mereka shalat bergantian. Setelah semua selesai, kami kembali ke venue untuk melanjutkan acara tersebut. semua yang hadir mendapatkan tiket untuk pengundian hadiah. dan akhirnya no tiket saya keluar sebagai pemenang ke - 2 yaitu dapat tempat penyimpan beras. Dan hadiah itu langsung ditawar orang sebesar 600 ribu, akhinrnya saya jual 600 ribu. karena saya tidak memerlukan alat itu. Saya langsung menyambungkan keberuntungan ini dengan apa yang sudah saya lakukan 1 jam sebelumnya. yaitu dengan memberikan tempat mereka untuk shalat dikamar saya, saya dapat rejeki 600 ribu.Alhamdulillah karena selain uang yang saya dapatkan, saya yakin mendapatkan pahala dari mereka yang shalat juga. amiin

2. Cerita saya yang kedua yaitu, pada tahun 2012 awal saya membeli rumah di balikpapan seharga 450 Juta, uang tabungan saya habiskan untuk membayar DP rumah tersebut dan saya hanya ada sisa sekitar 700 ribu rupiah. Ketika pembayaran sudah dilakukan disiang hari, malam harinya saya di BBM sama teman saya yang ingin meminjam uang 500 ribu untuk kelahiran istrinya di salah satu bidan di balikpapan. Saya tahu mengenai kondisi keuangan teman saya tersebut. Tanpa berfikir panjang saya pinjamkan uang saya yang tersisa 700 ribu tadi sebesar 500 ribu. dan kurang lebih saya harus bertahan dengan uang 200 ribu selama seminggu karena teman saya akan membayar setelah dia gajian pada tanggal 1. Setiap malam saya hanya makan tahu telor yang harganya 11 ribu per posri + es teh. untungnya Fuel mobil saya masih full, sehingga tidak perlu saya isi lagi minimal sampai tanggal 1 karena waktu itu saya belum punya motor. Ajaibnya tidak perlu menunggu tanggal 1 untuk mempunyai uang tambahan, 2 hari setelah meminjamkan uang ke teman saya tersebut saya di telepon oleh teman saya yang lain untuk mengisi acara sebagai MC untuk acara wedding nya di hotel grand sinyur pada malam minggu. dan saya mendapatkan fee  700 ribu rupiah. waktu itu harga saya nge MC masih murah. hehehehe.akhirnya saya hidup dengan normal sampai tanggal 1. xixixi. dan alangkah bahagianya ketika saya melihat bayi teman saya yang sudah lahir. Ya Allah saya sudah membantunya dengan izinmu... saya ingin nangis karena bahagia yang tak terkira

3. Pada pertengahan tahun 2011 saya di telepon oleh tante saya di Bandung. Dia perlu uang sekitar 2juta rupiah untuk merenovasi madrasah tempat mengaji yang dia kelola ( memasang keramik pada lantai Madrasah ). Dia bermaksud untuk meminjam bukan meminta sumbangan. Akhirnya saya meminta sumbangan kepada teman teman sekantor saya di PT. PAMA untuk renovasi madrasah tersebut. dan antusisas teman teman saya tersbut sangat besar, akhirnya terkumpul 1.7 juta dan hanya perlu 300 ribu saja dari saya. akhirnya saya berikan ke tante saya tersebut. alangkah bahagianya tante saya tersebut, sampai bilang terimakasih saja berpuluh puluh kali. Alhamdulilahnya, saya sangat dipercaya oleh teman-teman kantor saya tersebut. tidak ada pertanyaan dari teman saya mengenai uang itu, karena saya jelaskan diawal. Saya meminta ke tante saya tersebut agar kami di doakan oleh murid di madrasah tersebut. Seminggu berlalu, saya mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan perusahaan lain, dengan pendapatan yang lebih besar. dan akhirnya saya terima tawaran tersebut. dan sampai sekarang saya bisa merasakan efek dari sedekah tersebut. dan Madrasah itu sampai sekarang berkembang semakin banyak muridnya dan jika saya bisa saya akan selalu membantu untuk perkembangan madrasah tersebut.

4. dan cerita terakhir saya yaitu ketika saya akan nge MC di hotelgrand jatra balikpapan 2013 untuk acara seminar BONG CHANDRA, dijalan saya melihat kemacetan. ternyata begitu mobil pelan pelan maju yang membuat macet itu adalah ada seorang pria berjalan dengan sangat pelan ditengah jalan. cuma saya diarah yang berbeda dengan laki laki tersebut. saya jalur kiri, dan dia jalur kanan. Hanya bunyi klakson yang terdengar. saya ingin sekali membatu pria tersebut, tapi kalau saya berhenti disitu yah tambah macet jalan. akhirnya saya melihat ada putaran, tanpa pikir panjang saya puter balik ke arah laki laki tersebut. Jalanan semakin macet, saya langsung parkir mobil dan berjalan sekitar 200 meter untuk sampai ke pria tersebut. Dan keputusan saya tepat sekali, pria tadi terjatuh ditengah tengah jalan dan hanya duduk diam saja tanpa ada yang membantu dia. Jujur saya orang anti dan bisa mencium yang bau bau apalagi bersentuhan langsung. tapi disaat itu, saya diuji untuk memegang pria tersebut yang dari penampilan pasti bau ( xixixi maaf ya ) akhirnya saya angkat pria tersebut kepinggir jalan tanpa menyentuhkan badanku hanya tangan saja karena saya sudah pakai kemeja dan jass untuk MC. pria itu masih muda karena faktor kemiskinan jadi seprti tua dan matanya sudah sulit untuk melihat (kebuka sedikit) pria tersebut gemetaran dan dia bilang lapar. setelah saya mengamnkan pria tersebut kepinggir jalan, saya encari warung makan terdeskat, dan ternyata dekat parkir mobil saya tersebut ada warteg. saya beli 2 bungkus nasi + lauknya serta 2 botol aqua. Pria tersebut sudah tidak bertenaga sama sekali say bukain nasi bungkus serta minumnya. tapi gk mungkin nyuapin dia, yang ada saya akan muntah. saya tuntun tanganya mendekati nasi dan akhirnya dia bisa makan sendiri. Setelah semua oke, karena waktu saya sangat mepet, saya meninggalkan pria tersebut. huft, saya berkeringat dan sudah tidak segaar lagi untuk nge MC. sesampai dihotel saya bersih bersih. dan mood saya kembali. setelah acara selesai saya dapat kabar baik dari developer perumahan yang selama ini saya bantu penjualanya, kalau tiga rumah yang saya tawarkan ke orang deal semua dan saya dapat fee sekitar 14 juta rupiah. woooow, dari uangyang saya keluarkan sekitar 28 ribu untuk membeli nasi bungkus dibalas oleh Allah sebesar 14 juta rupiah. 

Sebenarnya masih banyak lagi keajaiban keajaiban yang saya alami dari Cinta dan Sedekah yang memberikan feedback dari Allah yang luar biasa, namun dari ke-4 cerita tersebut saya menyimpulkan:

1. Cintalah yang membuat saya ingin membantu banyak orang
2. Kita sering sekali bilang, kalau kita akan membantu banyak orang kalau kita sudah banyak uang. ternyata dengan keterbatasan uang yang saya punya, saya dapat meringankan beban orang lain. mungkin menurut kita kecil, tapi menurut orang yang kita bantu sangatlah besar
3. Saya selalu yakin kalau Allah pasti membalas sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan
4. Kalau kita masih belum bisa melakukan sesuatu dengan ikhlas, mulailah dengan terpaksa. walaupun sebagian orang bilang harus iklhas kalau tidak ikhlas lebih baik jangan, tapi saya berfikir lain. paksakanlah, lalu rasakan manfaatnya
5. Jika kita merasa hidup kita susah, ingatlahlah adala orang yang jauh lebih susah dari kita yang dapat kita bantu
6. Senyuman dan ucapan terimakasih mereka kepada saya, seperti saya di charge oleh POWER BANK berkapasitas 12000 MAH ( xixixixi ) dan itu tidak bisa digantikan dengan apapun
7. Lakukanlah yang terbaik dari apa yang bisa kita lakukan karena tidak ada alasan untuk kita tidak berbuat baik
8. Kita bisa mengunakan orang lain untuk membantu kita dalam bersedekah. ajaklah teman teman kita untuk bersedekah
9. Untuk bisa membantu mereka dengan cinta dan ikhlas, bayangkan saja bagaimana jika mereka itu adalah orang tua kita, saudara kandung kita atau bahkan kita sendiri?

Sahabat, saya sangat yakin bahwa cerita ini tidaklah seberapa dengan apa yang telah sahabat lakukan, disini saya bukan ingin agar semua orang tau kalau saya ini baik. tapi saya ingin menshare apa yang telah terjadi kepada ini yang berhubungan dengan Cinta dan Sedekah.


Mudah - mudahan postingan ini bermanfaat, sekali lagi saya pastikan bahwa banyak cara untuk memberikan manfaat kepada orang. uang, tenaga , pemikiran dll bisa kita gunakan sebagai alat untuk membgantu orang lain.

Salam Sukses Sahabat Semua 

Riki Son
(Indonesian's Agent of Change)








2 komentar:

  1. Iya om, kerasa banget... pernah ngalamin juga soalnya... sukses terus ya om Rikson :)

    BalasHapus
  2. siiap nenk, makasih ya.. sukses juga buat nenk rela sama aa ndul nya. xixixi

    BalasHapus